Problematika Perbedaan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 (Studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat Tangerang Selatan)

Wiguna Yuniarsih, Fajar Syarif, Fahruroji Fahruroji

Abstract


The purpose of this study was to describe the difference in KKM scores between majors/skills programs, as well as the inhibiting and supporting factors in Islamic religious education subjects at SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, South Tangerang. This study used qualitative research methods. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique used descriptive analysis. The results of this study indicate that; 1) The difference in the KKM value of each department with the smallest KKM value of each marketing department is the KKM value for class X 77.67, XI 70.33 and XII 70.33. While the highest KKM value is in the accounting department with a KKM value of class X 80.67, XI 75.67 and XII 76.67. 2) Supporting factors include facilities and infrastructure as well as teachers who master the learning material. While the inhibiting factor is the level of intelligence of students who are different so that the assessment of PAI and BP subjects does not reach the KKM.


Keywords


KKM, Curriculum, Islamic Religious Education, Character

References


Dudung, Agus. (2018). Penilaian Psikomotorik, Depok: Karima.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta

Lismina. (2019). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi, Ponorogo: Tim Uwais Inspirasi Indonesia.

Muhaimin. (2016). Paradigma Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuzulul Alifin Nur, Sutarto. (2019). “Kesesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB) Dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) Jasa Konstruksi Di D.I Yogyakarta”, dalam jurnal JPTS, Vol. I No.1, November 2019.

Pemendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Dasar dan Menengah, Tahun 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2016, pasal 1 tentang Standar Penilaian, Mengenai ketentuan umum.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Permendikbud No. 70, Tahun 2013, Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum.

Romzu Aini. (2020). “Pelatihan Menentapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru UPTD SD Negeri Tlokoh 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Pada Tahun Pelajaran 2019/2020”, dalam Jurnal Pendidikan & Pembelajaran ISSN 2477-3077.

Shihab, M. Quraish. (2016). Tafsir al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati.

Supriatna, Dede. (2018). “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas X-IPA Di SMAN 5 Bekasi Pada Tahun 2017/2018”, dalam Research and Development Journal Of Education, Vol. 5 No. 1 Oktober 2018.

Suarga. (2017). “Kerangka Dasar dan Landasan Pengembangan Kurikulum 2013”, dalam Jurnal Pengembangan Kurikulum, Volume VI, Nomor 1, Januari - Juni 2017.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: CV. Alvabeta.

Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utomo, Sigit Tri. (2020). “Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”, dalam Jurnal Journal of Research and Thought of Islamic Education, Vol. 3 No. 1 April 2020.

Widianti. (2019). “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Metro”, tesis Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Wahyudi, Maria Retno. (2020). “Upaya Meningkatkan Pemahaman Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Kegiatan Work Shop Bagi Guru di SMP Negeri 164 Jakarta Semester-2 Tahun Pelajaran 2018-2019”, dalam Jurnal Madani Institute, Volume 9 No. 1 2020.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.5027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wiguna Yuniarsih, Fajar Syarif, Fahruroji Fahruroji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.