PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Ailsa Salsabila Cahyaningtyas

Abstract


PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.


Keywords


Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Augment Reality (AR), Pengalaman Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini.

AJAR, B., & PPG, P. P. G. (2010). Media pembelajaran anak usia dini.

Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1–11.

Andriyadi, A. (2011). Augmented reality with ARToolkit. Bandar Lampung: Augmented Reality Team.

Apriyani, M. E., & Gustianto, R. (2015). Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker. Jurnal Infotel, 7(1), 47–52.

AZIZAH, I. N. U. R. (2018). PENGARUH PERMAINAN LEMPAR BOLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK MARDISIWI KEPUHREJO.

Dale, E. (1997). Media Pembelajaran. Tersedia: http://bagawanabiyasa. wordpress. com/2013/05/26/media ….

Efendi, I. (2017). Pengertian Augmented Reality (AR). IT Jurnal, Https://Www. It-Jurnal. Com/Pengertian-Augmented-Realityar, 17.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 149–162.

EVIANI, D. (n.d.). laporan pengabdian: MENEMUKENALI ANAK DENGAN HAMBATAN PERILAKU PADA USIA DINI (PAUD ISLAM TERPADU BINTANG QUR’ANI BANJARMASIN).

Gunarti, W., & Muis, A. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD.

Habsari, D., & Syukri, M. (n.d.). Metode Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok Umur 4-5 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).

Indrawaty, Y., & Bakhtiar, M. Y. (2013). Implementasi Model Skenario Petri Net Pada Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia. Jurnal Informatika, 4(1), 48–56.

Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 4–7.

Lee, J., Lin, L., & Robertson, T. (2012). The impact of media multitasking on learning. Learning, Media and Technology, 37(1), 94–104.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–34.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.

Perdana, M. Y., Fitrisia, Y., & Putra, Y. E. (2012). Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(1).

Pitalokasari, I. (2013). Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. IAIN Walisongo.

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108.

Senduk, E. P., & Karouw, S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Suartama, I. K. (2010). Pengembangan mutimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3).

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Trianto, I. B. A. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Umar, U. (2017). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.

Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P., & Hantono, B. S. (2013). Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengunjung Museum. Yogyakarta: Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (KNASTIK), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Duta Wacana.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ailsa Salsabila Cahyaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.