PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Yulia Safitri, Muzakkir Muzakkir

Abstract


Permasalahan yang terjadi di lapangan pada pelajaran TIK, masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa kurang aktif. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi pada mata pelajaran TIK masih menggunakan kapur dan papan tulis hal tersebut karena tidak adanya alat sepeti LCD di sekolah tersebut sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu, pengaruh model pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di MTs NW AL-Ahyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode eksperimen dengan One Group Pre-test Pos-tes Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 0rang di MTs NW Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini untuk menggunakan tehnik populasi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yang t hitung 4,508. Dengan derajat kebebasan (N-1) yakni (25-1)= 2. Dalam tarif signifikan 5% atau 0,05 dan derajat kebebasan (d.b) 24 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis Nol (Ho) pada tabel “t” adalah 2,064. Dengan demikian nilai t hitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 4,508. telah berada diatas angka batas yang sebesarnya 2,064 atau dengan kata lain bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (4,508>2,064), pada tarif signifikan 5% sehingga, penelitian ini dapat dinyatakan “signifikan”.

Keywords


Model Pembelajaran Elaborasi, Hasil Belajarid

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.

Kurniasih, 2015. Taksonomy of Educational Objectives (The Classification of Educational Goals) Handbook 1 Cognitive Domain. London : Longman Group Ltd.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. . 2010. Metode Penelitian suatu Pendekatan Peraktis. Jakkarta : Rineka Cipta.

Suharsimi, 2006 Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulia Safitri, Muzakkir Muzakkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.