EVALUASI STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN MORAL DI MSI AL AMIN MATARAM
Abstract
Penelitian evaluatif ini dilakukan karena pentingnya menanamkan pendidikan moral sejak dini pada diri peserta didik. Dalam proses kegiatan belajar mengajar maupun diluar kelas pendidikan karakter perlu untuk di tanamkan karena untuk mengetahui dan mengerti mana hal yang baik untuk dilakukan dan mana hal yang tidak baik atau tidak boleh dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi penanaman pendidikan karakter MSI Al Amin Mataram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa strategi penerapan pendidikan moral di MIS Al Amin melalui : 1. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan kepala sekolah dan guru dalam mendukung pelaksanaan pendidikan moral. 2. Pengintegrasian dalam mata pelajaran atau pengembangan proses pembelajaran dilakukan guru dengan cara mengaitkan pendidikan moral dengan materi mata pelajaran. 3. Pengembangan Luar sekolah dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, Berhitung Membaca dan Menulis untuk kelas 1, drumband, tahfidz, dan TIK serta mengadakan perkemahan bagi siswa kelas IV dan V setiap satu tahun sekali. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pendidikan moral di MIS Al Amin sudah termasuk baik.
Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan Moral
Full Text:
PDFReferences
Elis R, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Agus W. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cheppy H. (1995). Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dharma K, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.
Emzir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Sudarsono. 2015. Evaluasi Diagnostik. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
M. Nazir. 2013. Prosedur Penelitian. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. 2010. Evaluasi Pembelajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v0i2.1237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wiwien Kurniawati, Wayan Tamba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.