The Implementation of Wordwall Media to Facilitate Students’ Understanding of The Use of的de,地 De, And 得de in Constructing Simple Mandarin Sentences at Vocational High School
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anita. (2023). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Wordwall : Studi Kasus Kelas IX SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Lingua Susastra, 4(2), 2023).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
________________. (2019). Prosedur Oenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bachore, M. M. (2014). Academic dishonesty/corruption in the period of technology: Its implication for quality of education. American Journal of Educational Research, 2(11), 1060-1064.
Effendi, S. (2012). Panduan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Dunia Pustaka Jaya.
Gusman, B. A., Salsabila, U. H., Giardi, L. Y., & Fadhila, V. (2021). Efektivitas Platform Wordwall Pada Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pada Masa Pandemi. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(3), 203-221.
Karsono, Ong Mia Farao. 2014. Pengantar Linguistik Bahasa Tionghoa《汉语语音学概论》. Surabaya: Perwira Media Nusantara.
Liu, Y.H. (2004). Shiyong Xiandai Hanyu Yufa. Beijing: Shangwu Yinshuguan.
Meilinda. (2018). Studi Peran Media Sosial Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1), 53-64.
Nadzifah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatof Tipe Student Team Learning (STL) Dalam Pembelajaran Manyusun Kalimat sederhana bahasa Mandarin. Jurnal Unesa, 3(1). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/32584
Nenohai, J.M.H, dkk. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat. Vol.2 No.2.
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457.
Sartika, R. (2017). Implementing Wordwall Strategy in Teaching Writing Descriptive Text for junior high school students. Journal of English and Education, 5(2), 179 – 186.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin Itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.
Shielyn & Kuo. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Struktural “的 de, 地 de dan 得 de” Pada Mahasiswa Angkatan 2017. Century, 5(2), 1-11.
Tafonao Talizaro, (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.
Tarigan. 2008. Pengajaran Kompetensi Bahasa Suatu Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Yulius, Hendri. 2010. Mudah & Lancar Belajar Tata Bahasa Mandarin. Jakarta: TransMedia Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v9i3.11549
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hidayatun Nadzifah, Udjang Pairin, Titik Indarti, Ulul Laily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.