Digital Literacy Assisted by Mobile Learning Based on Articulate Storyline in Learning to Understand Poetry
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrian, Z., Ellianawati, dan S. Susilo. (2021). Pengembangan mobile module fisika berbasis problem based learning pada materi suhu dan pemuaian di SMK. Unnes Physics Education Journal 9 (3), 256-263. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45866
Bano. M., Zowghia. D., Kearney. M., Schuck. S., & Aubusson. P. (2018). Mobile learning for science and mathematics school education: A systematic review of empirical evidence. Computers & Education.
Bhat, S., Uthappa, UT, Sadhasivam, T., Altalhi, T., Han, SS, & Kurkuri, MD (2023). Ketumbar yang melimpah menghasilkan karbon aktif (AC) dengan luas permukaan tinggi untuk kinerja adsorpsi unggul pewarna kationik/anionik dan aplikasi superkapasitor. Jurnal Teknik Kimia , 459 , 141577.
Choiroh, N. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis daring/e-learning dalam pandangan siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta (ID). IAIN Surakarta.
Escueta, M., Quan, V., Nickow, AJ, & Oreopoulos, P. (2017). Teknologi pendidikan: Tinjauan berbasis bukti.
Faqih, M. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran puisi. Jurnal Konfiks, 7(2), 27-34.
Hafis, M., & Supianto, A. A. 2018. Mobile game design for learning chemical bonds with endless run approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(8), 104–112. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i8.9260
Halili, S. H. (2019). Technological advancements in education 4.0. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 7(1), 63-69.
Handayani, R. D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile-Learning Pada Mata Kuliah Optik Di Fkip Universitas Jember. Ta’dib, 17(1), 81. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.262
Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone Sumber: https://mediaindonesia. com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone. Media Indonesia. (diakses tanggal 20 April 2024).
Hasan, J. S., & Lubis, F. (2023). Aplikasi Spotify: Solusi Baru dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 194–211.
Julianto, IT, Kurniadi, D., Septiana, Y., & Sutedi, A. (2023). Pra-pemrosesan teks alternatif menggunakan chat GPT open AI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI , 12(1), 67-77.
Katadata Insight Center. (2021). Status Literasi digital Indonesia. https://kic.katadata.co.id/insights/35/status-literasi-digital-indonesia
Kristiawan, M., Suryanti, I. Muntazir, M., & Ribuwati, A. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.
Muntoha, dkk. (2010). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web (Web Based Learning Assessment System).
Nasution, A., & Siddik, M. (2020). Impact of Using Mobile Learning Applications in the Learning Process. In International Conference on Social, Sciences and Information Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 37-42).
Purosad, Apip, dkk. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris: Degrees Of Comparison. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Volume 5 Nomor 1.
Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. In Seminar Nasional Quantum (Vol. 25, No. 1, pp. 2477-1511).
Sa’adah, S., Maryanti, S., Maspupah, M., dan Mas’ud A. (2020). Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Bahan Ajar Berbasis Audio Visual. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30681
Saddhono, K., Sudarsana, I. K., & Iskandar, A. (2019). Implementation of Indonesian Language the learning Based on Information and Communication Technology in Improving Senior High School Students’ Achievement in Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012059Hasan dan lubis 2023
Sidiq, R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.
Silaban, R., Prianti, D., Simamora, M. T., Sebayang, G. A. B., & Ginting, S. J. B. (2023). PENYULUHAN MANFAAT DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ERA 4.0 DI SEKOLAH SDS NASRANI 4 TA 2022/2023. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 41-47.
Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi kemampuan guru sebagai guru penggerak di karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215-221.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhardiana, I. P. A. (2019). Peran teknologi dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92-102.
Wahyuni, S., Wulandari, E. U., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan mobile learning module berbasis android untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125-134.
Wardana, M. A. W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A. N., Handayani, D. A. P., Dewi, S. M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dengan Model Microblogging sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Lingua Franca, 1(1), 53-66.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v9i3.11532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Erika Kurniawati, Udjang Pairin, Titik Indarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN: 2656-1417 (Online)
ISSN: 2503-0620 (Print)
Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.