PENERAPAN PEMBELAJARAN PENUGASAN PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs. DARUSSALAM BERMI

Adi Irawan

Abstract


Pelajaran matematika di MTs. Darussalam Bermi dianggap oleh sebagian siswa merupakan pelajaran yang sulit, sangat membosankan dan sangat angker. Hal demikian terjadi karena pembelajaran yang diterapkan banyak berpusat pada guru dan kurang beroreantasi pada siswa. Selama ini dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru terbiasa menggunakan metode konvensional, dimana siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa cenderung hanya mendengar dan menerima penjelasan dari guru tanpa diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya secara lebih luas dan terbuka, sehingga berdampak terhadap menurunnya aktivitas dan hasil belajar dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pembelajaran penugasan portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Darussalam Bermi . Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIC semester II MTs. Darussalam BermiĀ  yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Untuk mengetahui tingkat keaktifan dan hasil belajar dari siswa tersebut maka dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes soal evaluasi siswa pada masing-masing siklus. Berdasarkan dianalisis, adapun nilai rata-rata dari aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 18,37 dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 24,58 dengan kategori aktif, yang artinya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 6,21. Adapun hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,00% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,89 dengan ketuntasan klasikal yaitu sebesar 85,71%, yang artinya ketuntasan klasikal sudah tercapai pada indikator keberhasilan. Dari hasil analisis data di atas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan persentase keberhasilan tindakan pada masing-masing aspek aktivitas dan hasil belajar siswa yang menunjukkan keantusiasan siswa dalam pemberian tindakan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran penugasan portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Darussalam Bermi.

Keywords


Penugasan Portofolio, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: