PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA SMP NEGERI 5 GERUNG

Asmaul Hafizah, Ade Kurniawan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII SMP Negeri 5 Gerung diperoleh permasalahan bahwa proses pembelajaran matematika yang terjadi masih bersifat teacher oriented, guru lebih banyak menjelaskan dan memberikan informasi tentang definisi, teorema dan rumus-rumus dilanjutkan dengan pemberian contoh soal dan latihan, metode yang digunakan kurang mendorong siswa berinteraksi dengan siswa lain, siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan siswa belum mampu menggunakan konsep matematika dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, akibatnya koneksi matematika siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan koneksi matematika materi segiempat pada siswa SMP Negeri 5 Gerung. Problem Based Learning adalah rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan koneksi matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematika pada siklus I sebesar 64% dan pada siklus II sebesar 79%, ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 57% dan pada siklus II mencapai 80%, aktivitas guru pada siklus I berkategori baik dan pada siklus II berkategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berkategori aktif dan pada siklus II berkategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning dapat meningkatkan koneksi matematika materi segiempat pada siswa SMP Negeri 5 Gerung.


Keywords


Problem Based Learning, Koneksi Matematika, Segiempat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v3i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Pendidikan Matematika



J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: