Implementasi Etnomatematika Permainan Tradisional Dakuan pada Pembelajaran Matematika SD

Abdul Jabar, Winda Agustina, Rahmita Yuliana Gazali

Abstract


Matematika sering dianggap sulit dan menakutkan bagi peserta didik SD. Ketidakmampuan peserta didik untuk mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari mereka sering kali menjadi salah satu penyebab utama kesulitan ini. Agar matematika lebih mudah dipahami, matematika perlu diajarkan secara kontekstual melalui kegiatan sehari-hari. Etnomatematika merupakan salah satu solusi dengan mempelajari konsep-konsep matematika melalui konteks budaya lokal peserta didik. Misalnya, kerajinan tangan dan permainan tradisional dapat digunakan sebagai alat bantu mengajarkan berbagai konsep matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika SD menggunakan permainan tradisional Dakuan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 84,21% peserta didik telah mencapai KKTP. Respon peserta didik terhadap implementasi etnomatematika pada pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 94,3%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pembelajaran matematika dengan memanfaatkan objek budaya lokal seperti permainan tradisional yang ada di sekitar peserta didik.

Keywords


Permainan Tradisional Dakuan, Matematika SD, Etnomatematika



DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Media Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: