MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Ni Nyoman Sri Putu Verawati Verawati, Wahyudi Wahyudi, Chairunnisya Sahidu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahap-tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan secara bersiklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Fisika yang mengambil matakuliah Fisika Dasar I pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang diperkirakan sebanyak 40 orang mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis (TKBK). TKBK untuk memperoleh data keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran (perkuliahan) menggunakan model inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis mahasiswa sebesar 58.6 dan pada siklus II sebesar 68.3. Secara klasikal pada siklus I sebanyak 27.3% mahasiswa berkategori kritis dan sisanya berkategori kurang kritis dan sangat kurang kritis, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada proses pembelajaran.  Adapun pada siklus II hasil yang diperoleh meningkat, di mana sebanyak 3% mahasiswa berkategori sangat kritis, 75.8% berkategori kritis dan 21.2% berkategori kurang kritis. Hasil penelitian pada siklus II telah memenuhi harapan dalam penelitian ini, yaitu penelitian dikatakan berhasil jika keterampilan berpikir kritis mahasiswa lebih besar atau sama dengan 75% berkategori kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Kajian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

Keywords


keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. 2012. Learning to Teach. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Bailin, Sharon. 2002. Critical Thinking and Science Education. Science and Education 11: 361–375.

Bower, Nancy. 2006. Instructional Support for the Teaching of Critical Thinking: Looking Beyond the Red Brick Walls. Critical Thinking. Vol. 1.

Facione, Peter. 2011. Critical Thinking. What It Is and Why Its Counts. Measured Reason and The California Academic Press.

Fisher, A. 2003. Critical Thinking An Introduction. Cambridge University Press.

Heuvelen, A.V. 2001. Millikan Lecture 1999: The Workplace, Student Minds, and Physics Learning Systems. Am.J. Phys. 69 (11).

Karen, Adsit. 2006. What Is Critical Thinking. UTC Workshop.

National Academy of Sciences. 1996. National Science Education Standard. Washington DC: National Academy Press.

Prayogi, S. dan Verawati NN. 2013. Implementasi Model Inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Laporan Hasil Penelitian. LPPM IKIP Mataram.

Prayogi, S., dan Asy’ari, M. 2013. Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains Vol. 1, No. 1. pp (79-87).

Rodger W.B, Joseph A.T, April G, Pamela V.S, Janet C.P, Anne W, and Nancy L. 2006. The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Report by Science Education National Institutes of Health.

Sarwi dan Khanafiyah. 2010. Pengembangan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang Open Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (6) 115-122.

Scriven dan Paul. 2009. SLA 2009 Annual Meeting Washington DC.

Scriven, M. dan Paul, R. 1996. Defining Critical Thinking: A Draft Statement for the National Council for Exellence in Critical Thinking. [On-line]. Available HTTP:http://www.criticalthinking.org/University/univlibrary/library.nclk.

Sidartha, Arif. 2010. Model Pembelajaran Asam Basa Berbasis Inkuiri Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Sains Siswa SMP.

Solso R, Maclin O, dan Maclin K. 2008. Cognitive Psychology. Pearson Education Inc.

Sternberg, Robert. 1986. Critical thinking: its nature, measurement, and improvement. http://eric.ed.gov/PDFS/ED272882.pdf.

Thompson, Claudette. 2011. Critical Thinking Across The Curriculum: Process Over Output. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram