Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siawa pada Mata Pelajaran Agama Hindu di Kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024

Ni Putu Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu di kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Model PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah, dengan tujuan untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 20 siswa dengan pembagian 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar ditiap siklus. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar sebesar 60,50% termasuk kedalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,00 dengan persentase hasil belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Ketuntasan belajar pada siklus I dan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan Model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu di kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa dan mendorong minat belajar mereka terhadap mata pelajaran Agama Hindu.


Keywords


PBL, Hasil Belajar, Agama

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Pearson.

Barrows, H. S. (1986). A taxonomy of problem-based learning methods. Medical education, 20(6), 481-486.

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University: What the Student Does. McGraw-Hill Education.

Hung, W. (2009). The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model. Educational Technology Research and Development, 57(3), 315-345.

Sudarsana, I. K., & Mardiana, N. L. G. (2019). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Agama Hindu pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 5(2), 132-138.

Visscher, A. J., Luijten-Arts, M., & Verheyen, S. (2015). The challenges of PBL: Discussing the differences between project and problem based learning. European Journal of Engineering Education, 40(5), 496-512.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram