ANALISIS KETERAMPILAN GERAK DASAR RENANG GAYA DADA BERDASARKAN KARAKTER SISWA SMA 6 MATARAM

Maulidin Maulidin, Ismail Marzuki, Aminullah Aminullah, Anwar Mursadat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian gerak dasar renang gaya dada berdasarkan karakter siswa SMA 6 Mataram tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 3 orang yang mempunyai karakter yang berbeda. Pengumpulan data menggunakan camera dan Vidio untuk merekam gerakan dan disesuaikan dengan instrumen 5 komponen gerak dasar renang yang divalidasi oleh 2 orang ahli. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis kesesuaian gerakan renang gaya dada mulai dari posisi tubuh saat meluncur, fase gerakan lengan, fase gerakan tungkai, gerakan pengambilan nafas dan koordinasi gerakan gaya dada yang sudah divalidasi oleh pakar dandisesuailkan dengan kreterianya. Hasil penelitian setelah dianalisis dari video rekaman kesesuaian gerak renang gaya dada siswa yang agresip memperoleh sekor 68 criteria “Baik Sekali” dengan rata-rata 16, dan anak yang berkarakter pendiam kesesuaian gerak dengan sekor 63 criteria “Baik Sekali” dengan rata-rata 11 dan anakyang berkarakter pendiam/pemalu hasil analisa skor total renang dari kesesuaian gerak renang gaya dada dengan sekor  65 kategiri “Baik Sekali” dengan rata-rata 11.

Keywords


Kesesuaian gerakan renang gaya dada, berdasarkan karakter siswa

Full Text:

PDF

References


Dhian Sunaryo. 2012. Pembelajaran Renang Gaya Bebas Melalui Media DAM Pengairan Pertanian Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gemuh Kec.Pecalungan Kab. Batang Tahun 2011/2012. Skripsi. Semarang: UNNES.

Erma Aniska Fauziah. 2014. Perbedaan Hasil Tolakan Parallel Feet Placement dan Staggered Feet Placement pada Start Bawah Renang Gaya Punggung. Skripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ermawan Susanto 2010. Olahraga Renang Sebagai Hidrotherapy Dalam Mengatasi Masalah-masalah Kesehatan. Jurnal. Bandung: FIK UPI.

Farida Isnanini dan Sri Santoso Sababrini. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahragadan Kesehatan Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Haller David, 2010. Belajar Berenang. Bandung: Pioner Jaya.

Lina Marlina. 2008. Renang. Bekasi: Ganeca Exact.

Pangastuti, Nur Indah. 2011. Latihan Renang Untuk Lansia. Jurnal. Yogyakarta: FIK UNY.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penenlitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2009. Metodologi Penenlitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarya. 2012. Pola Kayuhan S dan Pola Kayuhan Tanpa S Terhadap Hasil Renang Gaya Bebas 20 Meter Pada Atlet Renang Pemula Usia 13-15 Tahun Club Renang Tirta Wahyu Kisaran Tahun 2012. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Rud Midgley, cs (2000). Ensiklopedi Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Thomas, David G, 2006. Renang Tingkat Pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Dosen dan Asisten Dosen. 2011. Modul Praktikum Renang. Bandung: Universitas Padjajaran.

Tri Tunggal Setiawan. 2004. Ketrampilan Renang I. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES.

___________________. 2005. Ketrampilan Renang II. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram