Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas V Semester I SDN 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023

I Ketut Supadana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat pada pelajaran Pendidikan Agama Hindu, karena beberapa faktor, antara lain: pembelajaran yang didominasi oleh ceramah dan belum memotivasi siswa untuk belajar secara aktif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat yang berjumlah 19 orang siswa yang terdiri atas 9 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar selanjutnya dianalisis secara statistik dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Keaktifan belajar siswa pada Siklus I adalah 22,33 (tergolong aktif); sedangkan keaktifan belajar siswa pada Siklus II adalah 23,28 (tergolong aktif). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil belajar pada siswa Siklus I adalah 67,11, sedangkan hasil belajar siswa pada Siklus II adalah 78,16. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian ini berhasil dan telah mencapai batas minimum ketuntasan klasikal.

Keywords


Make a Match, Keaktifan, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 1990. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

-----------, 2005.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Carin, A 1993. Teaching Modern Science. New York: Macmillian Publishing Company.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Lungdren, L. 1994. Cooperative Learning in the Science Classroom. New York: Mc Graw Hill Companies.

Nurkancana, I Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: PT Usaha Nasional.

Rideng dkk, 2001. “Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan”. Makalah Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Bedah Buku Biosis. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP Kabupaten Karangasem. SLTP Negeri 5 Amlapura 10 Mei 2001.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert. 1995. Cooperative Learning Teory, Research, dan Practice. Boston: Allyn and Bason.

-----------, 2008. Cooperative Learning Teory, Research, dan Practice. Boston: Allyn and Bason.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram