Penerapan Metode Demonstrasi Berbantukan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu SD Negeri Biha-1 Tahun 2022

Hendri Hendri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SDN Biha-1 pada Pendidikan Agama Hindu. Salah satu buktinya adalah dengan melihat nilai ulangan tengah semester siswa. Dari 9 siswa yang ada, hanya 4 siswa tuntas dan sisanya tidak tuntas. Hal ini menunjukkan secara klasikal hanya 47,62% siswa tuntas. Ketuntasan klasikal tersebut masing sangat jauh dari yang diharapkan sekolah. Sekolah menetapkan bahwa secara klasikal siswa yang tuntas adalah minimal sebesar 75%. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Subyek penelitian ini adalah  SD Negeri Biha-1 Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya yang berjumlah 9 orang terdiri atas 7 orang siswa Laki-laki dan 2 orang siswa Perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74 sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II adalah 83, daya serap pada siswa siklus I sebesar 74%, dan siklus II sebesar 83%, ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 71 %, dan siklus II sebesar 100 %.  Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh tersebut, menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan  hasil belajar siswa. Maka dari itu guru Pendidikan Agama Hindu diharapkan tetap mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi.


Keywords


Metode Demonstrasi, Media Audio Visual, Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Bantas, dkk. (1992). Sarasamuccaya. Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Hindu & Budha.

Dwija, I W. (2006). Evaluasi Pendidikan. Amlapura ; STKIP Amlapura.

Dwija, I W. (2008). Petunjuk Penyusunan Proposal Penelitian. Tesis Tidak Diterbitkan.

Parisada Hindu dharma Pusat. (1985). Upadesa tentang Ajaran Agama Hindu. Pemda, Tk. I Bali.

Pudja, Gede. (1985). Pengantar Agama Hindu. Jakarta: Balai Pustaka.

Roestiyah, NK. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman A.M. (2004).Proses belajar mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung: Bima Budaya.

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.. Bandung : CV. Sinar Baru.

Tim Penyusun. (2007). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Tingkat Tinggi. Surabaya: Paramita Surabaya.

Tim Penyusun. (1980). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Malang :IKIP Malang.

Titib, M. (2006). Ketuhanan dalam Weda. Denpasar: Dharma Jati.

Usman, dkk. (2004). Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Bumi Aksara.

Wardani, Dkk. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Zuriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram