Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepang

Ceriawati Ceriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan serta langkah-langkah pembelajaran yang variatif dan efektif untuk meningkatkan Minat dan Motivasi siswa pada mata pelajaran agama hindu kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang yang berjumlah 13 siswa, terdiri 9 laki-laki dan 4 perempuan. Instrument yang digunakan adalah test dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama hindu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang pada siklus I berada pada kualifikasi Cukup (C) dan siklus II berada pada kualifikasi Baik (B) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble bisa meningkatkan hasil belajar siswa beragama hindu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang. Hal tersebut didasari dari hasil belajar siswa semuanya mencapai kriteria ketuntasan.


Keywords


Kooperatif, Scramble, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

--------------.2005.PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Hulu, yuprieli.Dkk. 2011. Suluh siswa 1: Berkarya dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kemdiknas.2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas.

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno.2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Surakarta: Tiga Serangkai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram