Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika

Muh. Ilham Dhani, Wardani Rahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bermakna dalam pembelajaran matematika serta menganalisis keunggulan dan kelemahan dari model CTL itu sendiri pada tingkat satuan pendidikan seperti sekolah SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Metode untuk mengkaji literatur dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan studi pustaka dengan kata kunci “penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika”. Dalam penelusuran artikel terkait, terdapat 23 artikel yang termasuk dalam kriteria inklusi (penerimaan). Model ini menekankan pada pengaplikasian konteks pembelajaran ke dalam dunia nyata (kehidupan sehari- hari) sehingga pelajaran yang diajarkan menjadi lebih bermakna. Selain itu, keunggulan dan kelemahan model pembelajaran CTL ini adalah; 1). Keunggulan; Pembelajaran lebih bermakna, Pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep, Menumbuhkan keberanian siswa, Menumbuhkan rasa ingin tahu, Menumbuhkan kemampuan dalam bekerjasama, dan Siswa dapat membuat kesimpulan sendiri. 2). Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembealajaran, tidak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sama dengan teman lainnya karena siswa tidak mengalami sendiri, Diperlukan waktu yang cukup lama, Guru lebih intensif dalam membimbing, Guru memberikan kesempatan siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide serta mengajak siswa menggunakan strateginya sendiri dalam belajar.

Keywords


Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Ctl. JIPMat, 3(2), 145–155. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2761

Fajri, M. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DALAM KONTEKS Pembelajaran abad 21 memberikan gambaran nyata tentang bagaimana sebuah situasi yang dikondisikan sebagai bentuk proses pembelajaran yang ideal . Ideal di sini memberikan makna bahwa proses pembelajaran yang dila. III(2), 1–11.

Haryoto, S., & Narimo, S. (2013). Contextual Math Learning Based on Lesson Study Can Increase Study Communication. International Journal of Education, 5(4), 48. https://doi.org/10.5296/ije.v5i4.4440

Heryana, A. (2021). Jenis-jenis Studi Literature Review. ResearchGate, March, 1–4. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36077.72167

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132

Khomsah, S. N., & Fajrie, N. (2023). Penggunaan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III di SDN Karangwono 01 Pati. Journal on Education, 05(02), 5925–5929. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1355%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1355/1075

Kohen, Z., & Nitzan-Tamar, O. (2022). Contextual Mathematical Modelling: Problem-Solving Characterization and Feasibility. Education Sciences, 12(7). https://doi.org/10.3390/educsci12070454

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691

Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Oriented, S. M., Djafar, H., & Khalisah, N. (n.d.). Development of learning tools based on contextual teaching and learning in fifth grade of primary schools Development of learning tools based on contextual teaching and learning in fifth grade of primary schools. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012077

Pangemanan, A. (2020). Application of Contextual Teaching and Learning Approach on Statistics Material Against Student Results. International Education Studies, 13(4), 1. https://doi.org/10.5539/ies.v13n4p1

Panjaitan, L. A., & Dolly, M. (2022). Differences in Mathematical Reasoning Ability using the Discovery Learning Model and Contextual Teaching and Learning Model for Al-Asri Hessa Perlompongan …. JMEA: Journal of Mathematics Education …, 1(2), 81–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mtika/article/view/10554%0Ahttp://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mtika/article/viewFile/10554/7313

Polontalo, G., Zakiyah, S., Wahab, A., Matematika, J., Mipa, F., Gorontalo, U. N., Prof, J., Habibie, I. B. J., & Bolango, K. B. (2023). Dampak Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. 4(1), 50–62.

Purba, D. N., Rodearna, T., Sipakkar, B., Tambunan, H., Sinaga, S. J., & Naibaho, T. (2022). Pembelajaran dengan Model Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Pemahaman Matematis dan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Materi Segitiga. 22, 91–102.

Rahayu, D. D., Franita, Y., Pamungkas, D., Kapten, J., No, S., Magelang, K., & Tengah, J. (2022). Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Tidar PENDAHULUAN Pendidikan merupakan suatu bagian yang me. 10(3), 307–318.

Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 493–504. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1454

Ratnasari, S., & Nasrullah, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1675–1688. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1675-1688

Samo, D. D., Darhim, & Kartasasmita, B. G. (2018). Culture-based contextual learning to increase problem-solving ability of first year university student. Journal on Mathematics Education, 9(1), 81–93. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4125.81-94

Sari, D. A., Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704

Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256.

Sinaga, S. J., Hutabarat, G. I. C., Nababan, Y. J., Christian, F., & Hutauruk, A. J. B. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning ( CTL ) pada Pembelajaran Perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan. 07(1), 681–694.

Syamsuddin, S., & Istiyono, E. (2018). The effectiveness of mathematics learning through contextual teaching and learning approach in Junior High School. AIP Conference Proceedings, 2014(September 2018). https://doi.org/10.1063/1.5054489

Syariana Adiha, A., Mugara, R., Dwi Puspita, R., & Siliwangi, I. (2022). Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 05(04), 802–808.

Tamur, M., Jehadus, E., Nendi, F., Mandur, K., & Murni, V. (2020). Assessing the effectiveness of the contextual teaching and learning model on students’ mathematical understanding ability: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012067

Tamur, M., Kurnila, V. S., Marzuki, M., Jehadus, E., Ndiung, S., Pareira, J., & Syaharuddin, S. (2021). Learning from the past : Meta-analysis of contextual teaching-learning of the past decade. International Journal of Education & Curriculum Application, 4(1), 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/3981%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/download/3981/pdf

Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864

Yulia, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Problem Centered Learning dengan Menggunakan Lks Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Koto Tangah Padang. 1(1), 62–73.

Zakiah, I., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2022). The Effect of Contextual Learning Trough Teaching Materials Application-Based on Problem Solving Ability. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 11(1), 20. https://doi.org/10.24235/eduma.v11i1.9604

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prisma, 9(1), 98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram