Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis E-Learning

I Wayan Suda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kebijakan terkait dengan pembelajaran jarak jauh selama masa darurat Covid-19, 2) Ragam inovasi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Hindu, 3) hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Hindu selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan di Satuan Pendidikan SD Negeri 2 Seraya Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang diterapkan di Satuan Pendidikan SD Negeri 2 Seraya Timur selama masa darurat pandemic Covid-19 adalah tetap melaksanakan pembelajaran namun dilaksanakan dengan system jarak jauh berbasis daring (dalam jaringan). Kebijakan ini selalu diterapkan dengan mengikuti aturan pemerintah. Ragam inovasi pembelajaran yang diterapkan antara lain 1) inovasi pada kegiatan intrakurikuler seperti penyajian pembelajaran dengan multimedia. Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang menekankan moto “friendly”. Diskusi dan penugasan berbasis online. Penerapan metode berbasis proyek, evaluasi pembelajaran berbasis kegiatan. 2) inovasi pada kegiatan ekstrakurikuler seperti rutinitas membaca dan mengimplementasikan mantram maupun ajaran dalam kitab suci Weda. Adapun hambatan yang dihadapi adalah 1) kesalahan mindset, 2) minimnya kompetensi, 3) ketidaksiapan guru dan siswa dalam menghadapi pembelajaran E-Learning.

Keywords


Pendidikan Agama, E-Learning

Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktuan Dan Strategis, 13–18. http://puslit.dpr.go.id

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40–47.

Creswell, J. w. (2018). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih di Antara Lima Pendekatan (5th ed.). Pustaka Pelajar.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31 004/edukatif.v2i1.89

Hendrastomo, G. (2018). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1–13.

Kusmana, A. (2018). E-Learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51. https://doi.org/10.24252

Syaafaruddin, & Anzizhan. (2018). Psikologi Organisasi dan Manajemen. Prenada Media Group.

Syafaruddin. (2018). Inovasi Pendidikan; Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram