Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Geoenzo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Geometri

Ria Wulandari, Neny Endriana, Ahmad Rasidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan media geoenzo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi limas semester 2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas hamzanwadi tahun Akademik 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah mahasiswa semester 2. Teknik pengambilan sampel mengunakan sampling purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji t-tes satu sampel. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3.124 > 2.069) untuk instrumen tes pada taraf signifikansi 5%, yang berarti H0 tidak diterima dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media geoenzo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi limas matakuliah geometri semester 2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi tahun Akademik 2022/2023.

Keywords


Media Geoenzo, Pemecahan Masalah Matematika, Geometri

Full Text:

PDF

References


Buchari, Agustini. 2018. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2):106–24.

Fafiru, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran knisley berbantuan Geoenzo terhadap komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian. In Human Relations.

Kurniawati, Dewi, and Arta Ekayanti. 2020. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” PeTeKa 3(2):107–14.

Lestari, K. E., & Mokhammad, Y. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama.

Listiani, Tanti, Kurnia P. S. Dirgantoro, Melda J. Saragih, and Kimura Patar Tamba. 2019. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Topik Bangun Ruang [Error Analysis of Students in the Mathematics Department in Solving Geometry Problems on the Topic of Solid Figures].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3(1):44–62.

Salvia, Nayla Ziva, Fadya Putri Sabrina, and Ismilah Maula. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika.” Pp. 351–60 in ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan). Vol. 3.

Sumardi, Hari, and Agus Susanta. 2022. “Pelatihan Pemantapan Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Abdi Pendidikan 3(1):57–62.

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram