Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Segitiga untuk Siswa SMP/MTs. Kelas VII

Zainal Abidin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi segitiga untuk siswa SMP/MTs. Kelas VII serta menguji tingkat kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap (Define, (2) tahap (Design), (3) tahap (Develop), dan tidak sampai tahap (disseminate) dengan beberapa penyesuaian. Hasil pengembangan divalidasikan oleh ahli 4 validator dan diujicobakan pada guru dan 10 kelompok siswa SMP/MTs. Kelas VII. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli matematika terhadap modul pembelajaran menunjukkan presentase rata-rata 82,73% yang berarti sangat layak, pada validasi praktisi diperoleh 92,85% dengan katagori sangat layak, pada ujicoba kelompok terbatas pada siswa SMP/MTs. Kelas VII diperoleh rata-rata 80,89% dengan kriteria sangat layak. Dilihat dari persentase uji kelayakan bahwa produk pengembangan modul pembelajaran telah berhasil dikembangkan dan produk yang dikembangkan layak untuk digunakan di SMP/MTs. Kelas VII.

Keywords


Modul, Problem Based Learning, Segitiga.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakatra: Rineka Cipta.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalism Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi2. Jakarta:Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sutarto dan Syarifuddin. 2013. Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Syahrir, 2010. Metodelogi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Naufa Pustaka

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram