Standarisasi Sabun Padat Susu Kambing dengan Penambahan Sarang Lebah

Nirmayani Putri, Ahmadi Ahmadi, Dahlia Rosma Indah

Abstract


Sabun adalah salah satu kebutuhan pokok seluruh manusia untuk menjaga kecantikan serta kebersihan tubuh. Pembuatan sabun dari bahan alami yang berkhasiat diharapkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sumber antibakteri dari bahan alam memiliki kandungan senyawa fitokimia bioaktif yang menawarkan   efek farmologis dengan toksisitas yang rendah untuk pengguna maupun lingkungan. Salah satu bahan alami yang dimaksud berasal dari Sarang Lebah. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan sabun padat susu kambing dengan penambahan sarang lebah. Jenis penelitian ini adalah penelitia eksperimen dan menggunakan beberapa parameter uji yaitu uji antibakteri, uji pH, uji daya busa, asam lemak bebas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketepatan konsentrasi yang digunakan dalam penambahan sarang lebah untuk mendapatkan kualitas sabun padat susu kambing yang memenuhi standar nasional indonesia (SNI). Hasil pengujian yang didapatkan dalam penelitian ini telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI 3532-2016).

Keywords


Sabun Padat, Susu Kambing, Sarang Lebah.

Full Text:

PDF

References


Hartini, H. (2017). Uji Aktivitas Antifungi Ekstrak Sarang Lebah dan Madu Hutan Luwu Utara Terhadap Candida Albicans. Diss. Universitas Negeri Alauddin Makassar. Wikananda, I. D. A. R. N., Hendrayana, M. A., dan Pinatih, K. J. P. (2019). Efek Antibakteri

Ekstrak Ethanol Kulit Batang Tanaman Cempaka Kuning (M. Champaca L.) Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus Aureus. Jurnal Medika, 8(5).

Ngajow, M., Abidjulu, J., dan Kamu, V. S. (2013). Pengaruh Antibakteri Ekstrak Kulit Batang Matoa (Pometia Pinnata) Terhadap Bakteri Staphlococcus Aureus Secara In Vito. Jurnal Mipa, 2(2), 128-132.

Lutpiatina, Leka. (2015). Efektivitas Ekstrak Propolis Lebah Kelulut (Trigona Spp) Dalam Menghambat Pertumbuhan Salmonella Thypi, Staphylococcus aureus dan Candido Albicons. Jurnal Skala Kesehatan, 6(1).

Mubarak, Z., Chismirina, S., dan Daulay, H. H. (2016). Aktivitas Antibakteri Ekstrak Propolis Alami Dari Sarang Lebah Terhadap Pertumbuhan Enterococcus Faecalis. Journal Of Syiah Kuala Denstistry Society, 1(2), 175-186.

Sumarmono, J., Sulistyowati, M., Soenarto. (2015). Fatty Acids Profiles Of Fresh Milk, Yogurt And Concentrated Yogurt From Peranakan Etawah Goat Milk. Procedia Food Scince, 3, 216-222.

Putri, A. R., Sulistiyowati, E, dan Harismah, K. (2019). Uji Antibakteri Daun Stevia Dalam Formulasi Sabun Padat Jeruk Nipis. EDUSAINTEK, 3.

Laeha, N. A. (2015). Pengaruh Penggunaan Gliserin Sebagai Humektan Terhadap Sifat Fisik dan Stabilitas Vitamin C Dalam Sabun Padat. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurbaiti. (2018). “Formulasi Sediaan Sabun Mandi Padat Dari Kulit Pisang Kepok (Musa Normalis L.)”. Skripsi. Farmasi, Farmasi dan Kesehatan, Institut Kesehatan Helvetia, Medan.

Kusumaningtyas, E., Widiastuti, R., Kusumaningrum, H. D., dan Suhartono, M. T. (2015).

Aktivitas antibakteri dan antioksidan hidrolisat hasil hidrolisis protein susu kambing dengan ekstrak kasar bromelin. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 26(2), 179-188.

Dimpudus, S. A. (2017). Formulasi Sedian Sabun Cair Antiseptik Ekstrak Etanol Bunga Pacar Air (Impatiens Balsamina L) dan Uji Efektivitasnya Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro Pharmacon, 6(3).

Hardian, K., Ali, A., dan Yusmarini, Y. (2014). Evaluasi Mutu Sabun Padat Transparan dari Minyak Goreng Bekas dengan Penambahan Sls (Sodium Lauryl Sulfate) dan Sukrosa (Doctoral dissertation, Riau University).

Sukawaty, Y., Warnida, H., dan Artha, A. V. (2016). Formulasi sediaan sabun mandi padat ekstrak etanol umbi bawang tiwai (Eleutherine bulbosa (mill.) Urb.). Media farmasi, 13(1), 14-22.

Widyasanti, A., Nugraha, D., dan Rohdiana, D. (2017). Pembuatan Sabun Padat Transparan Berbasis Bahan Minyak Jarak (Castor Oil) Dengan Penambahan Bahna Aktif Ekstrak Teh Putih (Camelia Sinensi). Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 1 (2), 140-151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram