Rekreasi Matematika Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Jam Terakhir

Ulin Yudhawati

Abstract


Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang mengacu pada ketiga fungsi mata pelajaran matematika, yaitu sebagai alat, pola pikir, dan ilmu atau pengetahuan khususnya differensial merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak yang dibangun dengan penalaran deduktif sehingga membutuhkan pemikiran yang sistematis, logis dan kritis. Kajian yang memiliki objek abstrak dalam aplikasi tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar mata pelajaran matematika bab differensial. Terlebih materi tersebut diberikaan saat jam terakhir, siswa cenderung pasif, siswa juga sudah mengalami kejenuhan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal inilah yang mendorong penelitian ini dilakukan terkait motivasi dan hasil belajar. Tujuannya meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya sehingga meningkat pula hasil belajarnya terkait pembelajaran differensial dengan metode rekreasi matematika. Berdasarkan pada observasi yang dilakukan pada tahap awal, berlanjut ke tahap pelaksanaan, dan tahap akhir didapatkan hasil terkait motivasi siswa bahwa siswa sudah memahami dan siap dalam mempelajari materi yang disampaikan oleh guru, sebagian besar dari siswa sudah semangat mengikuti pembelajaran, berani menyampaikan pendapat pada saat diskusi kelas berlangsung, dan suasana kelas lebih hidup, sehingga dalam proses pembelajaran terkesan menyenangkan. Secara keseluruhan tahap didapatkan peningkatan motivasi belajar sebesar 44,40%, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,20%.

Kata kunci : motivasi belajar, hasil belajar, rekreasi matematika


Keywords


motivasi belajar, hasil belajar, rekreasi matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram