Review Literatur Tentang Persepsi Teori Konstruktivisme Dalam Keterampilan Proses Sains

Yanto Yanto, M. Minan Chusni, Enda Kurnia Yuningsih

Abstract


Bidang pendidikan memiliki tugas yang lebih luas daripada sekadar mentransfer ilmu dan teknologi. Selain itu, pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengenalkan nilai-nilai baru yang dibutuhkan oleh perkembangan ilmu dan teknologi kepada para siswa, tetapi dalam kerangka nilai-nilai dasar yang telah disetujui oleh bangsa Indonesia. Tujuan dari kepenulisan ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi teori konstruktivisme terhadap keterampilan proses sains. Metode yang digunakan dalam kepenulisan ini adalah Studi Pustaka, dengan mengumpulkan berbagi tulisan ilmia lalu mengolahnya sehingga mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini teori kosntruktivisme sangat berpengaruh besar terhadap kemampuan siswa sehingga siswa memiliki kebebasan dalam pembelajaran, dan pembelajaran sains juga meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan membantu siswa memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang harus dilakukan secara konsisten.  Kesimpulan dari kepenulisan ini adalah teori konstruktivisme sangat berpengaruh terhadap pembelajaran siswa terutama dalam proses keterampilan proses sains karena sangat mengintegrasikan keterlibatan siswa dan proses pembelajaran menjadi focus paling utama dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mendapatkan pemahan yang kuat.

Abstract

The field of education has broader tasks than simply transferring knowledge and technology. In addition, education is also responsible for introducing new values required by the development of science and technology to students, but within the framework of the basic values that have been approved by the Indonesian nation. The purpose of this writing is to see how constructivism theory perceives science process skills. The method used in this writing is Library Studies, by collecting various scientific writings and then processing them so that conclusions can be drawn. The results of this study the theory of constructivism greatly influences students' abilities so that students have freedom in learning, and science learning also increases active student involvement and helps students understand the principles of learning that must be done consistently. The conclusion of this writing is that constructivism theory has a great influence on student learning, especially in the process of science process skills because it really integrates student involvement and the learning process becomes the main focus in learning, so that students can gain a strong understanding.


Keywords


Persepsi, Teori Konstruktivisme, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Boisandi, H. D., & Darmawan, H. (2017). Meta analisis pengaruh penerapan pembelajaran berbasis konstruktivisme pada materi fisika di Kalimantan Barat. META.

Firdaus, L., & Mirawati, B. (2017). Keterampilan proses sains dalam pembelajaran: Suatu tinjauan teoretis.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL Math Edu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.

Purnawati, P. (2010). Pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam pembelajran kimia terhadapa kemampuan berpikir kreatif siswa.

Purnawati, P., Fatmawati, A., Safnowandi, S., & Murdiyah, S. (2020). Penerapan Asesmen Kinerja Pada Kegiatan Praktikum Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.603

Riyanti, R., Cahyono, E., Haryani, S., & Mindyarto, B. N. (2021). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 203-207).

Rizki, L. (2021). Analisis Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Fisika.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24-39.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum di sekolah (persepektif teori konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8-15.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram