Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni melalui Media Pembelajaran Booklet Appreciation Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Pujut

Usman Usman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi mengapresiasi karya seni rupa melalui penggunaan media pembelajaran Booklet Appreciation di SMA Negeri 2 Pujut. Jenis  penelitian  ini  yaitu  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa Kelas X.3 Semester II tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75,70% dan meningkat menjadi 93,20% pada siklus II. Jadi persentase aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 16,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata­rata kelas sebesar 64,53 dan meningkat menjadi 81,30 pada siklus II. Sedangkan persentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 62,96% dan meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan   hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Booklet Appreciation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada materi mengapresiasi karya seni rupa pada Kelas X.3 Semester II SMA Negeri 2 Pujut tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Karya Seni, Booklet Appreciation.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Edisi Revisi. books.google.com.

BSNP. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah SMA. Jakarta: Depdiknas.

Dayanti, dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education Volume 04 Number 05.

Nugraha, A. (2019). Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan di Era Revolusi Indutri 4.0. Majalah Ilmiah “Pelita Ilmu” Vol.2 No.1

Nurdiyanto, E, dkk. (2021). Peningkatan Apresiasi Sastra Melalui Teatrikal Puisi Bagi Siswa SMK Negeri 3 Banyumas. Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 1, No. 1, Juni 2021, 1-10.

Sobandi, B. (2008). Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Bandung: UPI Press.

Sunaryo, K. (2017). Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Karya Seni Lukis Nusantara dengan Metode Diskusi. di Kelas IX-A Semester 2 pada SMP Negeri 1 Sine Tahun Pelajaran 2012-2013. JIPE Vol II No. 1.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 1, hlm. 220-234.

Rondhi, M. (2014). Fungsi Seni bagi Kehidupan Manusia: Kajian Teoretik. Vol. VIII No. 2.

Rondhi, M. (2017). Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi. Vol XI No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram