Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Discovery Inquiry pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar

Sri Yuliyanti, Ahmad Muzaki

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk, mengetahui bentuk, substansi dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis discovery inquiry materi perpangkatan dan bentuk akar yang sudah dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan 4-D (Define. Design, Develop, Desiminate) dikembangkan oleh Thiagarajan dkk, yang dilakukan pada 27 siswa kelas IX A SMPN 1 Sambelia. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis discovery inquiry materi perpangkatan dan bentuk akar. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon siswa, angket respon guru dan tes. Hasil penelitian yaitu dari validator ahli materi dan validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak. Penilaian oleh guru terhadap LKPD yang digunakan di sekolah mendapatkan kriteria layak sedangkan penilaian oleh guru terhadap LKPD yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil penilaian angket respon siswa terhadap LKPD yang digunakan di sekolah yaitu memperoleh kriteria layak. Sedangkan hasil penilaian angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan yaitu memperoleh kriteria sangat layak. Hasil rata-rata pretset siswa 62,27 dan posttest 82,86 dengan demikian hasil rata-rata tes siswa mengalami peningkatan. Produk LKPD yang dikembangkan oleh peneliti ini dapat memperbaiki kekurangan maupun kelemahan dalam LKPD yang digunakan di sekolah. dengan harapan peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan yang lebih baik lagi dari penelitian ini.


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Perpangkatan dan Bentuk Akar, Discovery Inquiry.

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & T.S, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/Print Jurnal Siti (05-09-13-03-29-59).

Dinnullah, R. N. I. (2018). The difference of problem based learning and discovery-inquiry for the student mathematics learning results. JurnaL Matematika, 3(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i1.654. (diunduh tanggal 24 Januari 2019)

Juliana. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SISPERMAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SKRIPSI.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Novelia, R., Rahimah, D., & Syukur, M. F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25

Relia, L. (2012). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif , Inovatif , dan Produktif ( KIP ). 97–103.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.

titik triwulan tutik trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif , dan kontekstual konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI) (1969 Trianto ibnu badar Al-Tabany (ed.); 2014th ed.). jakarta : prenamedia Group. http://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=924136

Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151–164. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram