Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X

Nurlaila Sulistiawati, Baiq Azmi Sukroyanti, Syifa’ul Gummah

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi usaha dan energi, (2) mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 dari penilaian dosen ahli media, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi usaha dan energi. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode research & development dengan model desain pengembangan melalui 6 tahap yaitu (1) menganalisa potensi masalah, (2) observasi dan pengamatan, (3) desain dan development, (4) uji coba produk, (5) revisi, dan (6) penerapan. Pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada mata pelajaran fisika materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat kelayakan penggunaan yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai validator berada pada kategori sangat baik menurut skala 4. Adapun hasil validasi dan uji coba yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) validasi ahli media 3,71 dari skala 4, (2) validasi ahli materi 3,66 dari skala 4, (3) validasi guru mata pelajaran 3,92 dari skala 4, dan (4) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata N-Gain 0,59 dengan peningkatan kategori sedang.

Keywords


Media Pembelajaran, Pengembangan, Macromedia Flash 8

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Ariesto, H. S. (2003). Hadi Sutopo. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aswan., Zein S.B.D., (2010). Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta)

Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN: 2746-7767 Volume 2, Nomor 3, Agustus 2021, Hal (148-153). (dipublikasikan pada 15 Agustus 2021).

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara)

Khrisnamurti, D. A. (2019). “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda.” Tarbiyah Wa Ta’lim 6, no. 3: 63–71.

Komang, S. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.(JPI Jurnal Pendidikan Indonesia) 5, no.2: 125-133.

Novita, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar siswa SMAN 1 Pante Ceuremen. Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Peembelajaran.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika.Yogyakarta: P2IS

Syabrina, M. S. (2020) “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran Volume 7 No. 1.

Rofiq, M. A., Mahmud, M. E dan Imroh, A. M. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6, no. 2 : 109–129.

Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran, (Bandung: Cv Wacana Prima).

Rizal, S., & Walidain, B., (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika, Media Ilmiah Pendidikan dan Pngajaran, 19 (2), 178-192.

Sholeh, M. (2019). “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 1 138–150

Sudjana, N. (2009).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.(Bandung : PT Remaja Rosdakarya)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Arifprabo, T. (2018). Belajar Dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Deepublish)

Wibawanto, W. (2017) Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, (Jember: Cerdas Ulet Kreatif)

Ardika, W. (2018). Inovasi dalam Pembelajaran, (Bali: Cv Grapena Karya)

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram