Sistem Survei Kepuasan Masyarakat pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk

Muhammad Fauzi Zulkarnaen, Muh. Fahrorrozi, Maulana Ashari

Abstract


Sistem Penunjang Keputusan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan saat ini mulai banyak diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan,  tak terkecuali dalam membuat suatu keputusan untuk membuat sistem survei masyarakat. Setiap instansi pemerintah secara berkala melaksanakan proses pelayanan kepada masyarakat seperti melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK). Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) diharapkan membantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kecamatan kopang dalam penyelesaian pekerjaan masukan dari responden terhadap ke tidak puasan maupun kepuasan dalam pelayanan. Ada berbagai macam metode dalam membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan salah satunya adalah metode skala likert. Skala Likert adalah suatu skala psikometri yang umum digunakan dalam angket dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Nama skala ini diambil dari nama Rensis Likert, yang menerbitkan suatu laporan yang menjelaskan penggunaannya. Dengan menggunakan hasil dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) bermetode skala likert sebagai data sampel dan mencari faktor kriteria terbesar pada suatu penyeleksian.Peneliti saat ini menggunakan metode Xtreme Programming  dalam penghitungan pada aplikasi Skala Likert untuk menghitung jumlah dari kuesioner yang di berikan pada responden menggunakan model Xtreme programming. Model Xtreme Programming terdiri dari tahapan Planning, Design, Coding, Testing. SPK (Sistem Pendukung Keputusan) membangun aplikasi web yang dirancang menggunakan software Sublime Text (text editor), Data Base Managament System (DBMS), MySQL, XAMPP dan bahasa pemrograman PHP. Dari hasil penelitian ini yaitu membuat aplikasi E-SKM KOPANG yang di buat dengan sesuai edaran pemerintah Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik  yang sebelumnya masih menggunakan proses manual kemudian dibuat jadi aplikasi E-SKM KOPANG berbasis web, untuk memudahkan admin dalam merekap nilai dari responden berdasarkan kuesioner, dan bagi masyarakat juga bisa memberikan masukan terkait pelayanan OPD kecamatan kopang bisa dari rumah maupun dimana saja melewati aplikasi E-SKM KOPANG berbasis web Site.

Keywords


Survei Kepuasan, Skala Likert, Sistem Pendukung Keputusan.

Full Text:

PDF

References


Admin, Y. (2020) “Pengertian Sistem,” 2020.

Ansori. (2020) “Pengertian Use Case Diagram : Tujuan, Fungsi, Simbol, dan Contohnya,” ansoriweb.com.

E. Sutanta. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: CV Andi, 2011.

Fatta, H. A. (2007). analisis & perancangan sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern.

Febrianti, M., & Priyadi, M. P. (2020)“Implementasi Good Governance Dan Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Hermawah, J. (2019). Analisa Desain & Pemrograman Berorientasi Obyek Dengan UML dan Visual Basic.NET. Penerbit Andi.

Jogiyanto. (2001) “flowmap,”

Mira. (2022). “Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya,” pp. 377–383,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram