Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dengan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Ahmad Muzaki, Pirda Pirda, Pujilestari Pujilestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan sikap sosial terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vlll SMP Negeri 2 Kayangan dan pengambilan sampel menggunakan tekik total sampling yaitu seluruh populasi sebagai sampel yaitu seluruh siswa kelas Vlll SMP Negeri 2 Kayangan yang berjumlah 39 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai r hitung = 0,537> r tabel = 0,316 dengan nilai koefisien korelasi bertanda (+) positif, maka hubungannya adalah berbanding lurus dengan mendapatkan nilai koefisien yang sedang. Demikian pula terdapat hubungan sikap sosial terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai r hitung sebesar 0,546 > r tabel = 0,316 dengan  nilai koefisien korelasi bertanda (+) positif, maka hubungannya adalah berbanding lurus dengan mendapatkan nilai koefisien yang sedang. Hasil uji korelasi ganda (R) menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan sikap sosial terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai R sebesar  0,519 > rtabel 0,316.


Keywords


Kecerdasan Interpersonal, Sikap Sosial, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram