Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan variable-variabel lingkungan kampus berdasarkan preferensi mahasiswa yang mempengaruhi prestasi belajar mereka. Dari 169 mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan diminta untuk memberikan respon terhadap unsur - unsur variable lingkungan kampus yang nyaman menurut preferensi mereka. Berdasarkan jawaban responden, terdapat 14 (empat belas) variabel lingkungan kampus yang sesuai dengan teori yaitu tempat ibadah (mushola), fasilitas olahraga, tempat parkir motor, kebersihan kampus, ukuran kelas, tata letak ruangan, hubungan antar mahasiswa, hubungan dosen dengan mahasiswa, fasilitas perpustakaan, fasilitas internet, fasilitas MCK, hubungan mahasiswa dengan karyawan, fasilitas kanting kampus, tingkat kebisingan. Empat belas variable tersebut kemudian dimasukkan dalam kuesioner penelitian untuk mencari urutan preferensi tertinggi dan terendah. Dari 169 mahasiswa (32 perempuan dan 137 laki-laki) diminta untuk menjawab kuesioner. Sembilan mahasiswa diambil sebagi pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kampus yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka dan yang mendapat peringkat tertinggi adalah tempat ibadah (mushola), urutan berikutnya adalah fasilitas olahraga. Variabel yang mendapat urutan terendah adalah tingkat kebisingan
Keywords
Lingkungan Kampus, Persepsi Mahasiswa, Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram