Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Sholat Jumat

Johariah Johariah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 3 Gunugnsari pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran sebagai pilihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi siswa pada siklus I adalah 54,37 %, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 78,75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,25 masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65, kemudian dilakukan uji lanjutan pada siklus 2 dengan hasil sebesar 68,25 dimana angka tersebut sudah melebihi KKM, hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini motivasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran sangat antusias, karena apabila siswa memerankan adegan dengan baik, guru selalu memberikan pujian sehingga siswa yang lain berkeinginan untuk ikut memerankan dengan baik.

Keywords


Motivasi Belajar, Metode Bermain Peran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram