Penerapan Strategi Belajar Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI-B SDN 19 Cakranegara Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Ani Sudarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi belajar kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)   dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi  belajar Matematika  siswa Kelas VI-B SDN 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini yakni dapat mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai proses pembelajaran di kelas. Sedangkan bagi guru dapat meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan strategi belajar kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif) dengan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus kegiatan terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru sebesar 4,25, hasil observasi Peserta didik mencapai skor rata-rata (4,25). Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (74,91), artinya indikator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 70,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti sehingga penelitian dinyatakan berhasil.

Keywords


Kooperatif Tipe Think Pair Share, Motivasi, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram