Penerapan Metode Question Student Have (QSH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Siti Nurbaya

Abstract


Hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 19 Cakranegara masih jauh dari harapan tujuan pendidikan nasional. Kondisi ini dapat terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal pada muatan IPA yaitu 70. Masalah ini terjadi karena kurangnya partisipasi siswa dalam mengungkapkan pendapat, saran, maupun hal-hal yang belum dimengerti. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menerapakan metode Question Student Have (QSH). Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar   IPA siswa kelas VI SDN 19 Cakranegara dengan menerapkan metode Question Student Have (QSH). Melihat dari tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari dua siklus, setiap siklus terdiri dri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subyek dalam penelitian yaitu 34 siswa kelas VID SDN 19 Cakranegara. dat hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dan kativitas siswa diambil melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan terdapat peningkatan aktifitas siswa pada siklus I dengan presentasi keaktifan 94,81%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,87%. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,14 dan persentase ketuntasan klasikal 77,27%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,07 dan persentase ketuntasan klasikal 86,96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode QSH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 19 Cakranegara.


Keywords


Question Student Have, Aktivitas, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram