Analisis Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh jenis kelamin terhadap disposisi berpikir kritis (DPK) mahasiswa calon guru biologi Universitas Pendidikan Mandalika. Sebanyak 57 mahasiswa sebagai sampel, terdiri dari 24 laki-laki dan 33 perempuan. Kuisioner yang digunakan untuk mendapatkan data DPK, diadopsi dari CCTDI yang dikembangkan oleh Facione, Facione, dan Carlo (1994). Skala Likert dengan empat poin pilihan digunakan untuk menentukan respon yang diberikan mahasiswa (4 = sangat setuju, 3 = setuju, 2 = tidak setuju, dan 1 = sangat setuju). Selanjutnya data dianalisis secara multivariat menggunakan paket analisis SPSS versi 22 for windows dengan tingkat signifikansi (P ≤ 0.05). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan bahwa jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap DPK. Analisis secara spesifik menunjukkan bahwa jenis kelamin hanya berpengaruh pada dimensi maturity (P< 0.05), tetapi meskipun demikian pengaruhnya sangat kecil (0.135/13.5%). Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan memiliki tingkat kematangan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan kajian tentang relasi antara maturity dan keterampilan menyelesaikan masalah berdasarkan jenis kelamin.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram