Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Masa Pandemi Covid-19: Efektifkah?

Sabrun Sabrun, Agus Muliadi, Muhali Muhali

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 28 orang yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa pendidikan terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa pendidikan matematika adalah >50% memberikan respon negatif pada setiap jawaban tentang efektivitas pembelajaran daring, (2) analisis deskriptif data persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika berbasis daring menghasilkan rata-rata sebesar 2,25 atau kategori Cukup Baik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Matematika pada semester genap tahun akademik 2019/2020 di masa pandemi covid-19 berlangsung kurang efektif.


Keywords


Pembelajaran Matematika, Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram