Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Berdasarkan Prosedur Polya

Ade Kurniawan, Ihwayudin Ihwayudin, Reny Amalia Permata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII A SMP N 18 Mataram dalam menyelesaikan soalĀ  cerita segitiga berdasarkan prosedur polya. Penyelesaian soal cerita berdasarkan prosedur polya ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu: memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyeesaian, dan memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Metode pengambilan data pada penelitian ini ialah metode tes, metode wawancara, dan documentasi.Subyek penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP N 18 Mataram. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP N 18 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita segitiga berdasarkan prosedur polya, yaitu: kesalahan memahami masalah, kesalahan menyusun rencana penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh. Pada penelitian ini faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa ialah siswa kurang teliti dalam membaca persoalan dan siswa juga tidak terbiasa dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, siswa tidak terbiasa dalam menyusun rencana penyelesaian sebelum menyelesaikan persoalan, siswa merasa bingung dalam menenentukan rumus dan langkah-langkah yang akan digunakan,Siswa tidak terbiasa untuk memeriksa kembali solusi yang diperolehnya sehingga siswa merasa tidak perlu melakukan pemeriksaan kembali terhadap solusi yang diperoleh.


Keywords


Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Polya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram