Pembelajaran Berorientasi Kearifan Lokal dan Kepariwisataan NTB di FSTT Universitas Pendidikan Mandalika

Rosmawati Rosmawati, Yusran Khery, Pahriah Pahriah, Husnul Hatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan pembelajaran kearifan lokal dan kepariwisataan  NTB dan Mengetahui tanggapan mahasiswa Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan (FSTT) Universitas Pendidikan Mandalika tentang gagasan pembelajaran sains berorientasi kearifan lokal dan kepariwisataan NTB. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua angket dengan jumlah responden 70 mahasiswa UNDIKMA. Hasil penelitian tingkat penerapan pembelajaran kimia berorientasi kearifan lokal dan kepariwasataan masih berada pada kategori cukup dengan persentase keterlaksanaan sebesar 52,07 dan hasil penelitian respon terhadap gagasan tentang penerapan pembelajaran kimia berorientasi kearifan lokal dan kepariwasataan masayarakat Lombok di program studi Pendidikan Kimia UNDIKMA berkategori baik dengan persentase sebesar 61,31. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Responden berkeyakinan bahwa penerapan pembelajaran kimia berorientasi kearifan lokal dan kepariwasataan masyarakat Lombok akan dapat meningkatkan motivasi belajar dan sikap siswa dalam pembelajaran, serta memberikan bekal yang sangat sesuai dengan kebutuhan lulusan sebagai problem solver dan agen of change di tengah masyarakat yang memiliki keunikan kearifan lokal dan potensi kepariwisataan.


Keywords


Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kepariwisataan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram