Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Induksi Magnetik Kelas XII MIA 3 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Wahdian Apriliana

Abstract


Berdasarkan  hasil evaluasi belajar fisika yaitu nilai mid semester ganjil di kelas XII MIA 3 MAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75, terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 8 orang dari 39 siswa (20,51 %). Hal ini disebabkan, siswa kesulitan dalam memahami konsep materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIA 3 materi Induksi Magnetik MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus mencakup 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan antara siklus I dan II, persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 74 % dengan nilai rata-rata 85,67. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siklus II sebesar 87 % dengan nilai rata-rata 83,36. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIA 3 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords


Model Pembelajaran STAD, Hasil belajar, Induksi Magnetik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram