Identifikasi Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Merencanakan dan Mengimplementasikan Pembelajaran yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana kemampuan guru Sekolah Dasar (SD) dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SD di kecamatan sekongkang yang mengajarkan materi IPA. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif yang diarahkan untuk menggambarkan kemampuan mengajar guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui perhitungan skor, mean, persentase dan penyajian data melalui tabel. Populasi penelitian ini yaitu 20 guru SD di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Sumber data diperoleh dari dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Observasi kegiatan mengajar di kelas, kemudian menggunakan analisis model interaktif yang bersifat siklus antara tahap dokumentasi dan analisa data sampai tahap penyajian hasil analisis yang berupa pemaparan dan penegasan simpulan. Berdasarkan analisis RPP dan observasi kegiatan mengajar, diperoleh skor rata-rata kemampuan guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran adalah 54,3dan berada pada kategori kurang. Kemampuan guru dalam merencanakan dan mengimlementasikan pembelajaran yang menunjukan kemampuan membandingkan, mengklasifikasi, deduksi dan induksi siswa berada pada kategori baik. Namun masih rendah pada proses merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang mendorong adanya aktivitas analisis kesalahan, analisis perspektif, membuat keputusan, pengalaman, pemecahan masalah dan penemuan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram