Penerapan Problem Based Instructions (PBI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020

Sabrun Sabrun, Zainal Abidin

Abstract


Proses pembelajaran Matematika di kelas VIII SMPN 3 Pujut biasanya digunakan oleh guru tidak bervariasi sehingga aktivitas belajar siswa tidak maksimal yang berdampak pada kemampuan memecahkan masalah matematika rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Pujut tahun pelajaran 2019/2020.  Model pembelajaran Problem Based Instructions (PBI) merupakan suatu model pembelajaran menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks yang digunakan siswa untuk belajar berpikir kritis, terampil memecahkan masalah dan siswa dapat mengembangkan penalarannya untuk memahami materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara daring dalam 2 (dua) siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Pujut berjumlah 26 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, tes evaluasi dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu ketuntasan hasil belajar siswa 73,07% dengan kategori aktivitas siswa cukup aktif. siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, dimana pada siklus II proses pembelajaran sudah mengalami peningkatan menjadi lebih baik. sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa  88,46% dan aktivitas siswa dalam kategori aktif, hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar sudah tercapai karena ketuntasan belajar bisa tercapai apabila siswa mencapai ketuntasan belajar 85% dalam satu kelas dengan perolehan skor 65. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajarn Problem Based Instructions (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah pada sisiwa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Pujut tahun pelajaran 2019/2020.

Keywords


Problem Based Instructions, aktivitas, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram