Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan

Muhamad Ikhsan

Abstract


Perkuliahan daring (online) merupakan sarana utama dalam pembelajaran ketika wabah Pandemi Covid-19. Tidak terkecuali jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA Mataram yang menggunakan sarana aplikasi online, seperti whatsapp grup, google classroom, dan media aplikasi lain ketika perkuliahan daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas perkuliahan daring pada mahasiswa jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA yang mengampu MK Profesi Kependidikan di Semester tiga di saat Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui google form secara online. Hasil pengujiannya dihasilkan bahwa mayoritas mahasiswa jurusan pendidikan olahraga dan kesehatan FIKKM UNDIKMA yang mengampu MK Profesi kependidikan mengikuti perkuliahan daring dirumah menggunakan gadget (hp) dengan koneksi data dalam keadaan sinyal internet yang cukup baik. Perkuliahan daring memberikan gambaran umum tentang kurang optimalnya pemahaman materi dan banyaknya tugas yang diberikan pada mahasiswa sehingga mengakibatkan proses perkuliahan yang kurang efektif. Sedangkan untuk sistem perkuliahan yang efektif selama pandemi adalah daring dan luring secara bergantian dengan memperhatikan prinsip protocol pencegahan Covid-19.

Keywords


Efektifitas, Perkuliahan Daring, Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram