EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19

Muhamad Ikhsan

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring pada matakuliah Interaksi Belajar Mengajar (IBM) masa pandemic covid-19 pada mahaswa semester empat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsyif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi pembelajaran online mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar Jurusan pendidikan Olahraga dan Kesehatan FIKKM UNDIKMA tahun 2020. Pembelajaran online yang digunakan adalah goggle classroom, zoom, youtube dan whatsapp. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan responden berjumlah 144 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FIKKM UNDIKMA semester VI yang mengambil mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles&Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yakni reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pembelajaran daring sudah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran dari mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar, namun perlu diperbaiki agar lebih terstruktur dalam memberikan materi secara online. Hasil penelitian ini mampu dijadikan pedoman perbaikan pembelajaran daring khususnya pada mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar pada semester yang akan datang dan pembelajaran daring pada seluruh mata kuliah secara umum.

Keywords


Efektifitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram