Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Herdiyana Fitriani, Laras Firdaus

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMPN 3 Montong Gading ditemukan permasalahan bahwa keterampilan proses sains (KPS) siswa rendah dan hasil belajar kognitif siswa masih dalam kategori sedang dan masih perlu untuk ditingkatkan, terbukti dari hasil ulangan harian masih terdapat siswa yang nilainya dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII SMPN 3 Montong Gading tahun pelajaran 2018/2019 dan mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII SMPN 3 Montong Gadingtahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 23 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, LKS, dan tes. Analisis data dalam peneltian ini yaitu analisis kualitatif mengenai keterampilan proses sains dan analisis hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan setiap siklus dan pertemuannya dengan persentase 65% (tinggi) siklus I pertemuan pertama dan 66,5 % (tinggi) pertemuan kedua, sedangkan siklus II pertemuan I 73,2% (tinggi) dan pertemuan kedua 76,9% (sangat tinggi).  Ketuntasan klasikal belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 52% dan pada siklus II sebesar 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


Inquiri Terbimbing, KPS, Hasil Belajar Kognitif, LKS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram