Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Lape Kabupaten Sumbawa

Fitri Hidayati, Taufik Samsuri, Ida Royani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII,. Sampel ini ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Data mengenai keterampilan proses sains diambil dengan menggunakan angket kinerja yang berisi indikator-indikator proses sains.  Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tHitung=13,646>tta= 1,734 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara keterampilan proses sains  kelas eksperimen atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKS terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKS memungkinkan siswa untuk mencapai keterampilan proses sains.


Keywords


problem based learning, ketrampilan proses sains, LKS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram