Pengaruh Metode Konsep Map terhadap Hasil belajar siswa

Baiq Indri Febriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; bagaimanakah pengaruh metode konsep map terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MA NW Kotaraja tahun pembelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-IPA yang berjumlah dua kelas.Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes ganda yang diberikan diakhir proses pembelajaran. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas data menggunakan rumus Lilliforsdan homogenitas data menggunakan uji-Barleth, dari hasil uji didapatkan semua data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji menggunakan uji-t didapat t-hit = 7,148 dan t-tab = 1,671, atau t-hit > t-tab, dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 75 dan kelas kontrol = 57, sehingga dapat disimpulkan pengaruh metode konsep map lebih baik dari metode konvensional terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Metode konsep map, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram