PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

I Ketut Sukarma

Abstract


Rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada materi pokok garis dan sudut. Hal ini disebabkan pembelajaran oleh guru kurang mengaitkan matematika dengan dunia nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, dimana siklus I  terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Siklus II terdiri dari 3 pertemuan, 2 pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Sedangkan untuk siklus III terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan untuk pembelajaran dan 1 pertemuan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang didasari oleh meningkatnya aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada hasil observasi siklus I dengan kategori aktif, pada siklus II meningkat menjadi sangat aktif dan siklus III juga sangat aktif. Melalui analisis hasil evaluasi secara keseluruhan dari setiap siklus dapat dilihat adanya peningkatan persentase hasil belajar klasikal dari siklus I 66%, siklus II 83%, dan siklus III mencapai 93%. Dengan melihat proses pembelajaran dan hasil evaluasi tersebut, diketahui bahwa penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan  prestasi  belajar siswa kelas VII.4  SMP N 4 Lingsar  pada materi pokok garis dan sudut Tahun pelajaran 2012/2013.

Keywords


Realistic Mathematics Education, dunia nyata, rekonstruksi konsep matematika, metode pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram