PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KELAS III PADA SDN 1 SEKUNYIT KECAMATAN PRAYA

Muhammad Fauzi Zulkarnaen, Mohammad Taufan Asri Zaen, Muh. Arif Wahyudi

Abstract


Pembelajaran adalah proses komunikasi antara siswa, guru dan materi pelajaran. Di SDN 1 Sekunyit masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional, yaitu guru menjelaskan materi pelajaran kepada siswa di depan kelas dengan memberi catatan di papan tulis atau memberikan buku kepada siswa untuk dibaca dan dipelajari. Sistem konvensional dirasakan masih kurang epektif sehingga proses pembelajaran berjalan berlarut-larut, siswa menjadi pasif karena mereka hanya menulis saja, dan siswa dengan demikian pengetahuan yang diperoleh mudah terlupakan dan siswa hanya belajar menghafal tanpa pemahaman. Media pembelajaran merupakan media informasi untuk kegiatan sekolah agar dapat memberikan dan epektifitas interaktifitas dalam pembelajaran. Adanya media pada proses belajar mengajar, dapat membantu siswa dan guru dalam pembelajaran yang lebih visual, interaktif, menarik, cepat dan mudah dipahami. Sistem ini dibangun dalam beberapa tahap yang dimulai dengan perencanaan, perancangan antar muka, perancangan struktur menu dan implementasi program. Dan sistem ini dibuat dengan Adobe Director dan Macromedia Flash. Metode Pengembangan yang digunakan Pengembangan Model ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Dengan adanya media pembelajaran interaktif ini dapat membantu guru dalam mengajar dalam proses belajar mengajar. Dan dengan adanya aplikasi media pembelajaran di SDN 1 Sekunyit, proses belajar mengajar yang sebelumnya bersifat konvensional, menjadi lebih interaktif, efisiensi selama dan tenaga, serta mengatasi sikap pasif siswa dalam pembelajaran.

Keywords


Media Interaktif, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram