UPAYA MEMBELAJARKAN PESERTA DIDIK MENJADI PEBELAJAR REFLEKTIF

Muhali Muhali, Muhammad Asy’ari, Roniati Sukaisih

Abstract


Pebelajar reflektif umumnya menjadi harapan bagi kalangan pendidik, sehingga banyak cara bagi para pendidik untuk menanamkan nilai-nilai refleksi selama proses pembelajaran kepada peserta didiknya agar dapat berhasil dalam belajar. Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan  gambaran tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh para pendidik dalam implementasi pembelajaran agar menjadikan peserta didik menjadi pebelajar yang reflektif. Kajian ini merupakan reviu literatur dengan menggunakan metode deduktif dan induktif atas kajian hasil penelitian maupun kajian teoritis. Kajian ini menghasilkan berbagai upaya untuk menjadikan pebelajar reflektif yaitu: (1) memilih pendekatan/model/metode/strategi yang terintegrasi dengan penyajian fenomena konflik kognitif, penyajian fenomena anomali, penyajian fenomena/peristiwa/konsep secara lebih mendalam (internalisasi), maupun dengan penyajian fenomena baru dan memiliki keterkaitan dengan yang dipelajari, (2) menanamkan/menerapkan proses refleksi pada peserta didik, (3) mendorong refleksi pada peserta didik, dan (4) pengintegrasian refleksi dalam praktek pengajaran. Dengan demikian, refleksi merupakan satu-satunya proses yang dapat melatihkan peserta didik agar menjadi pebelajar reflektif, pendidik harus pandai dan cermat untuk melihat karakterisasi peserta didiknya dalam belajar sehingga dapat memilih dan menerapkan upaya yang tepat untuk membelajarkan peserta didik menjadi pebelajar reflektif.

Keywords


Pengajaran Reflektif, Pebelajar Reflektif, Reflective Metacognitive Learning, dan Refleksi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram