PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI SWISH MAX 4 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Yuli Anggriani, Sukainil Ahzan, Baiq Azmi Sukroyanti, Baiq Rina Amalia Safitri, Samsun Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kelayakan media yang di kembangkan pada materi perpindahan kalor dan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Media Animasi dikembangkan dengan menggunakan softwareswishmax 4 dan menggunakan tahapan sesuai Model pengembangan 4D tetapi hanya sampai pada 3D. Media Animasi dikembangkan dengan prosedur (1) define, (2) design, (3) development, tanpa melalui (4) dissimination. Skor rata-rata uji validasi adalah 3,45 dengan presentase keseluruhan 87% dengan kategori sangat valid. Uji coba dilakukan di SMKN 1 Lingsar kelas X yang berjumlah 31 siswa untuk mengukur tingkat kreativitas siswa, telah menerima materi perpindahan kalor. Soal tes digunakan pada penilaian tingkat kreatif siswa, Rata-rata kreativitas siswa yang diperoleh dari soal tes yaitu 85,28 dengan skor presentase keseluruhan 85% dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan skor rata-rata dari data yang diperoleh melebihi skor 25%. Sedangkan angket digunkan untuk melihat respon siswa terhadap media yang dikembangkan, skor rata-rata keseluruhan yang didapat yaitu 3,4 dengan presentase hasil sebesar 88% dengan kategori sangat setuju. Disimpulkan bahwa media animasi yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran perpindahan kalor dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Media Animasi, Swish max 4, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram