PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Rahmat Hidayat, Sukainil Ahzan, Dwi Sabda Budi Prasetya, Samsun Hidayat

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada siswa kelas X TAV 2 semester 1 di SMKN 2 Kota Bima dengan menerapkan pendekatan CTL berbasis masalah. Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas X TAV 2 SMKN 2 Kota Bima tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 orang. Panelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh malalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh malalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini jika aktivitas siswa barkategori aktif, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dimana persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ≥85% dari jurnlah siswa yang telah mengikuti evaluasi dengan perolehan nilai sebesar > 67. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif pada siklus I dengan persentase keterlaksanaan 2,33%. Sedangangkan pada siklus II berada pada kategori sangat aktif dengan persentase keterlaksanaan 3,67%.  Dari analisis hasil evaluasi belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan minimal sebesar 79,17%. Karena belum memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dari analisis hasil evaluasi belajar diperoleh persentase ketuntasan minimal sebesar sebesar 87,50%. Terlihat pada siklus II hasil belajar siswa melampaui persentase ketuntasan minimal. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X di SMKN 2 Kota Bima.


Keywords


Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram