PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs NEGERI 1 KEDIRI

Khazinatul Asrar, Syifa'ul Gummah, Baiq Rina Amalia Safitri, Samsun Hidayat

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa MTs Negeri 1 Kediri. Tolak ukur keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar fisika siswa, yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 65.Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan data berupa aktivitas siswa yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan persentase ketuntasan klasikalpada siklus 1 adalah 80%dengan nilai  rata-rata 67,5. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikalnya adalah adalah 86,66%dengan nilai  rata-rata 71,23. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan tipe TPS dalam model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa MTs Negeri 1 Kediri.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, TPS, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febriana, Dini. (2009). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs NW Teros Tahun Ajaran 2008/2009 Pada Materi Pokok Himpunan”. Skripsi. Mataram: IKIP Mataram.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses BelajarMengajar. Bandung: BumiAksara.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram