PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Febrina Sulistiawati, Syifa’ul Gummah, Baiq Azmi Sukroyanti, Samsun Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajran berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan perangkat pembelajaran terukur dari kevalidan perangkat, kepraktisan (keterlaksanaan pembelajaran; aktivitas siswa; dan angket respon siswa) serta keefektifan perangkat. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiridan instrumen pendukungnya dinyatakan valid dan layak digunakan untuk melakukan penelitian oleh dua validator dengan rerata skor total 3,13 dengan kriteria valid, sedangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,25 dengan kriteria valid. Pada tahap uji coba untuk mengetahui kepraktisan perangkat yang terukur dari keterlaksanaan pembelajaran aktivitas siswa yang diamati oleh dua observer selama dua kali pertemuan dan respon siswa. Pada pertemuan pertama persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 77,89% dengan kriteria terlaksana dengan baik, sedangkan pertemuan kedua persentase keterlaksanaan sebesar 74,20% dengan kriteria terlaksana dengan baik. Pada pertemuan pertama aktivitas belajar siswa memiliki persentase rata-rata sebesar 83,12% dengan kriteria aktivitas tinggi dan pada pertemuan kedua persentase rata-rata sebesar 75% dengan kriteria aktivitas tinggi. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis inkuiri menyatakan bahwa siswa sangat setuju dengan persentase rata-rata 84,65%. Pada tahap efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan hasil analisis pre-tes dan post-test menyatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rerata skor pre-test 23 dan rerata skor post-test 73,13.


Keywords


Perangkat pembelajaran, inkuiri, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Bahtiar & Saiful Prayogi. 2012. Evaluasi Hasil Pembelajaran Sains (IPA). Mataram: Dimensi Raya.

Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar pendidikan. Jakarta: prestasi pustaka publiser.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari behavioristik sampa konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko, Eko p. 2012. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram